Tips Membangun Usaha Konveksi Pembuatan Kaos

 

Membangun usaha konveksi pembuatan kaos kini mulai merebak diminati oleh anak muda. Anak muda cenderung punya semangat yang masih besar dan ide kreatif yang membanjir. Mereka memanfaatkan keadaan tersebut untuk berbondong-bondong membangun usaha konveksi pembuatan kaos. Bisnis ini umumnya banyak dikembangan dikota-kota besar yang memiliki karakteristik penduduk yang modern. Untuk membangun usaha konveksi pembuatan kaos ada beberapa hal perlu anda perhatikan seperti hal-hal berikut ini :

  1. Desain

Konsep/ide/tema/desain kaos memang sangat penting untuk diperhatikan dan digali secara terus enerus. Carilah ide segar dengan mengambil tema-tema yang telah menjadi isu hangat dan telah merebak di kalangan masyarakat. Desain pada usaha konveksi pembuatan kaos juga dapat membangun karakteristik usaha anda yang akan membedakan usaha konveksi anda dengan yang lain. Jangan ragu untuk membuka lomba desain untuk mengukur bagaimana desain yang menarik dan disukai oleh masyarakat.

  1. Target pasar

Setelah menentukan desain atau tema, tentukan target pasar anda dalam membangun usaha konveksi pembuatan kaos tersebut. desain atau ide perlu disesuaikan dengan target pasar. Jika target pasar anda anak muda, maka buatlah desain yang kekinian dan banyak diminati oleh anak muda, jika target anda anak-anak, maka sesuaikan desain kaos anda yang cocok dengan anak-anak.

  1. Tempat produksi

Setelah menentukan kedua hal tersebut, kini saatnya untuk menentukan dimana anda akan membuat rumah produksi bagi usaha konveksi pembuatak kaos tersebut. Pilih tempat produksi yang nyaman dan mumpuni untuk usaha konveksi pembuatan kaos tersebut agar karyawan yang anda berdayakan betah untuk bekerja.

  1. Harga

Tentukan harga yang akan anda bandro di pasaran. Pastikan harga yang anda buat sesuai dengan target pasar yang telah anda tentukan. Perhatikan pula berapa modal dan keuntungan yang diperkirakan untuk didapatkan. Jangan lupa untuk mempertimbangkan berapa anda harus membayar karyawan (jika merekrut karyawan)

  1. Sistem

Tentukan apakah anda akan menjual kaos anda secara eceran atau grosir. Jika anda melakukan keduanya juga akan lebih baik dan tidak masalah. Namun penjualan secara grosir akan membuat outlet yang anda miliki jadi tidak khusus atau spesial lagi, namun bisnis anda akan memperoleh keuntungan yang besar. Itu semua tergantung bagaimana anda memilih sistem penjualan, semua memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri.

  1. Pemasaran

Tentukan tempat atau target pemasaran usaha konveksi pembuatan kaos yang anda jalankan, apakah anda memilih untuk melakukan pemasaran secara online atau offline. Sekali lagi jika anda memilih keduanya tentu tidak masalah asal keduanya tetap dalam pengelolaan yang baik, benar dan profesional. Jika anda memilih offline tentu anda harus merekrut karyawan sebagai admin penjualan. Semoga informasi ini bergna bagi anda.