MELIRIK PROSES PRODUKSI KAOS MURAH BANDUNG BERKUALITAS

Proses Produksi Kaos Murah Bandung

MELIRIK PROSES PRODUKSI KAOS MURAH BANDUNG BERKUALITAS

Kaos murah Bandung berkualitas sudah pasti menjadi incaran konsumen dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan remaja, dewasa, sampai orang tua. Pasalnya kaos memang menjadi salah satu jenis pakaian yang cocok dikenakan oleh segala usia. Adapun kaos berkualitas baik tidak selalu dijual dengan harga mahal. Namun, pastinya kaos berkualitas baik melewati sejumlah proses produksi yang dikerjakan langsung oleh ahlinya. Kira-kira bagaimana proses produksi kaos berkualitas? Berikut ulasan lengkapnya.

  • Proses Desain

Proses awal pembuatan kaos tidak lain yaitu proses desain. Biasanya ada 2 tahapan yang mesti dilakukan. Tahap pertama mendesain bentuk kaos yang akan dibuat. Dalam hal ini kaos bisa dibentuk berupa kaos oblong, V-neck, raglan, ataupun kaos variasi. Tahap kedua yaitu mendesain gambar sablon pada kaos. Gambar desain yang sudah dibuat perlu diproses jadi gambar kalkir yang dibuat dengan bantuan software photoshop atau coreldraw. Untuk itu, guna mendapatkan hasil yang bagus proses desain perlu dilakukan oleh mereka yang benar-benar sudah biasa mengerjakan desain kaos.

  • Pemilihan Bahan

Setelah desain kaos rampung dibuat, proses berikutnya pemilihan bahan. Ada berbagai macam bahan kaos yang bisa dipilih sesuai selera atau kebutuhan. Sebagian besar kaos distro umumnya memakai bahan katun combed dengan gramasi yang berbeda bisa 20s, 24s, atau bisa juga 30s. Gramasi identik dengan ketebalan bahan kaos murah Bandung yang dipilih.

  • Pola dan Cutting

Bahan yang dipilih kemudian disiapkan untuk keperluan membuat pola. Pola dibuat dengan ukuran standar seperti S, M, L, dan XL. Pola akan digambar pada bahan kain dengan kapur kain. Setelah pola selesai digambar lanjut pada tahap cutting menggunakan mesin pemotong kaos.

  • Afdruk     dan Sablon

Pada proses sablon, gambar kalkir yang sebelumnya sudah dibuat diafdruk ke media screen. Adapun proses sablon baru bisa dilakukan setelah gambar berpindah ke screen sablon. Dalam proses ini dibutuhkan pasta sablon sesuai kebutuhan. Ada plastisol, rubber, glow in the dark, superwhite, dan lain sebagainya. Agar hasil sablon lebih mantap, dilakukan pula proses press yang berfungsi memanaskan hasil sablon sehingga bisa menempel lebih erat dan tidak mudah pecah saat dicuci.

  • Jahit

Kaos murah Bandung yang sudah selesai disablon berlanjut pada proses jahit. Untuk mendapatkan hasil jahitan yang rapi biasanya digunakan mesin rantai, mesin obras, mesin jahit, dan mesin overdeck. Pada proses jahit ini pula diberikan label dan juga ukuran yang sesuai dengan size yang sudah ditentukan.

  • Finishing

Pada proses finishing kaos yang sudah dijahit perlu dibersihkan dari sisa benang yang mungkin masih tersisa. Tidak lupa kaos disteam atau disetrika supaya lebih licin dan rapi. Agar tetap bersih kaos bisa dimasukkan dalam plastik dan siap kemas.