Mengenal Jenis Material Alami Pada Pabrik Baju

Memilih pabrik bajuuntuk kita percaya dalam memproduksi baju kita akan sangat membuat bingung karena banyak sekali tawaran dan pilihan yang tersedia. Begitu pula dengan memilih bahan kain yang akan kita gunakan dalam pembuatan pakaian atau baju yang sebelumnya harus kita pilih sebelum kita bawa ke pabrik baju. Ketika anda telah sampai pada toko kain, hal pertama yang menarik perhatian anda adalah warna – warna yang mencolok, kemudian anda akan tertarik lebih dalam pada tekstur dan kelenturan. Memilih jenis material yang baik perlu untuk dipahami agar pekerjaan penjahitan akan berhasil.

MENGENAL JENIS MATERIAL ALAMI PADA PABRIK BAJU

Berikut ini adalah tipe tipe jenis material alami berdasarkan serat – serat kainnya.

Kain serat alami. Jenis material ini dibuat, ditemukan, dan tumbuh di alam. Serat – serat kain yang diambil dari kulit hewan, daun, atau jaringan lainnya. Tipe kain ini dapat didaur ulang dan bisa hancur dengan sendirinya seperti plastik, yang kemudian dihancurkan kembali agar bisa menjadi serat kain, dan kemudian diolah lagi sebelum akhirnya menjadi material kain siap pakai. Jenis kain yang dibuat dari bahan alami yaitu kain wool dari bulu hewan, kain sutera dari ulat sutera, dan juga katun dari bahan tanaman cotton.

Kapas. Jenis material kapas ini sangat populer dalam hal penampilan, fleksibilatas, performa, dan juga kenyamanan. Kapat tersedia dalam berat jenis yang beragam pada berat, pola, warna, kharga, dan juga tenunan. Kapas atau katun ini pada mulanya berasal dari tanaman kapas berbentuk polong. Tanaman ini tumbuh di tempat yang memiliki iklim yang hangat dengan curah hujan cukup. Serat serat katung secara hati – hati ditempatkan pada sebuah wadah untuk didihkan untuk membedakan panjangnya. Semakin panjang kapas yang digunakan, semakin mahal harga dan jenis katun tersebut.

Hemp. Jenis kain ini diproduksi dari tanaman Sativa. Proses pembuatan kain dari Sativa ini dimulai dengan memisahkan serat serat dari tanaman sativa ini, kemudian ditenun untuk membentuk benang dan kain. Jenis kain hemp yang terbaik diproduksi di negara Italia. Jenis material ini mudah berkeriput dengan mudah saking halusnya.

Sutera. Jenis kain sutra dikenal sebagai ratunya tekstil. Kain sutra merupakan material yang sensual dan mewah yang berasal dan diolah dari kepompong ulat sutra. Ada dua jenis ulat sutra yang biasa digunakan, yaitu jenis ulat sutra yang dibudidayakan, dan yang diambil dari alam liar.

Wol. Wol ini merupakan serat yang berasal dari hewan dari kulit hewan. Serat wool dapat dengan mudah dilipat – lipat dan membuatnya empuk karena terdapat ruang kosong dalam serat wool tersbut. Bahan wool ini hangat digunakan saat musim panas, dan juga bisa digunakan pada musim dingin.

Itulah tadi beberapa jenis material yang bisa dipilih. Pastikan anda berkonsultasi dengan pabrik bajuuntuk menentukan jenis yang tepat.