VARIASI SABLON KONVEKSI MURAH

VARIASI SABLON KONVEKSI MURAH

Variasi Sablon

Ada beberapa faktor mengapa suatu konveksi murah dari segi harga dibanding konveksi lain. Beberapa faktor tersebut bisa dikarena pemilihan bahan kain, sablon, atau sulit tidaknya tahapan dalam proses produksi. Terkait dengan sablon, mungkin belum banyak yang mengetahui variasi sablon yang biasa digunakan dalam proses produksi kaos konveksi. Perlu diketahui, ada bermacam variasi sablon yang mana penggunaannya bergantung dengan desain gambar yang dibuat, jenis bahan kain, warna, dan efek yang ingin ditampikan pada kaos. Adapun berikut diberikan beberapa macam sablon yang biasa digunakan oleh perusahaan konveksi:

  • Plastisol

Plastisol memakai bahan dasar minyak. Kelebihan dari plastisol yaitu bisa cetak rarter atau dot secara presisi. Sangat irit dalam penggunaan bahan dan minim limbah. Jenis tinta ini juga cukup fleksibel yang mana bisa mempertahankan bentuknya saat kering. Kelebihan lainnya plastisol juga tidak gampang rusak walau berkali-kali dicuci dan warnanya sangat kaya. Hanya saja penggunaan sablon jenis ini memakan biaya tinggi karena membutuhkan bantuan sinar inframerah pada proses pengeringan. Selain itu, harga plastisol juga tidak murah.

  • Pigmen / Extender / Medium

Jenis sablon berikut ini memiliki kemampuan diserap kain yang sedikit transparan atau terang. Tidak heran bila jenis sablon ini lebih sering digunakan untuk sablon kain dengan warna dasar terang. Terbilang cukup irit karena hanya dibutuhkan sedikit bibit warna untuk menghasilkan warna yang diinginkan. Hasil sablon memang tidak terlalu bagus. Pada umumnya pigmen / extender / medium pun digunakan untuk pembuatan kaos berbuget hemat pada perusahaan konveksi murah.

  • Super White

Super white adalah jenis sablon untuk kaos yang didominasi warna gelap seperti warna hitam. Hal ini karena super white memberi hasil warna putih cemerlang dengan daya tutup yang sangat baik di kaos. Bila ingin tampilan yang lebih menarik, bisa pula ditambahkan pigmen warna.

  • Tinta Karet

Sejumlah perusahaan konveksi murah kerap menggunakan tinta karet. Alasannya tinta karet memiliki fleksibilitas yang memungkinkan untuk digunakan pada kaos dengan warna dasar gelap ataupun terang. Hasilnya sama bagusnya. Hal ini karena jenis sablon yang satu ini bisa menutup bahan dasar kain secara sempurna dan kuat. Namun, pada jenis kain yang mudah melar diperlukan kompisisi yang pas sehingga bisa memenuhi kelenturan kain yang akan menjamin keawetan sablon.

  • Rubber Transparent

Rubber transparent memberi hasil sablonan transparan atau tembus pandang. Jenis sablon ini merupakan pilihan tepat untuk sablon raster. Bila dibandingkan dengan tinta karet, rubber transparent didapati lebih unggul dalam hasil warna yang lebih gelap. Hanya saja sifat rubber transparent yang tembus pandang tidak memungkinkan untuk digunakan pada kaos berwarna gelap.